×

Iklan


Unes Hadirkan Narasumber Prof. Dr. Rahadian Z di Workshop PKM 2024

07 Februari 2024 | 09:35:30 WIB Last Updated 2024-02-07T09:35:30+00:00
    Share
iklan
Unes Hadirkan Narasumber Prof. Dr. Rahadian Z  di Workshop PKM 2024
Foto bersama Narasumber, Rektor, Dosen dan Peserta Workshop PKM 2024 di Ruang Sidang Rektorat Lt. 1 Universitas Ekasakti

Padang, Khazanah – Rektor Universitas Ekasakti (Unes) Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd membuka Workshop Program Kreatif Mahasiswa (PKM) tahun 2024 di Ruang Sidang Rektor Lantai 1 Gedung Rektorat Unes. Selasa (6/2/2024)

Menghadirkan narasumber Prof. Dr. Rahadian Z, S.Pd, M,Si dari UNP dengan moderator Wawan Sumarno, S.P, M.Si.

Workshop dengan tema Kreatif dan Inovatif Menuju Universitas Ekasakti Kampus Riset Mahasiswaini dilaksanakan satu hari penuh, diikuti 20 orang Dosen pembimbing dan 60 orang Mahasiswa. Dihadiri para Wakil Rektor, Kepala LPPM dan LPM serta Dekan dilingkungan Unes.

    Rektor Unes dalam sambutannya mengatakan Workshop PKM ini sangat mendorong Indikator Kinerja Utama (IKU).

    Program dan kegiatan ini telah diatur secara nasional, sehingga diminta para dosen pembimbing serta mahasiswa untuk mengikuti workshop tentang penyusunan proposal program kreatifitas mahasiswa dalam 8 bidang ini”, kata rektor Unes.

    Lebih lanjut rektor menyampaikan PKM dibawah koordinasi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Pendidikan Tinggi adalah Program strategis mengikuti perkembangan teknologi di era rekognisi industri dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing tingkat nasional dan global.

    “Diharapkan kepada Dosen Pembimbing dan Mahasiswa bahwa keberadaannya untuk menyusun suatu proposal dalam bidang ini, dibawah bimbingan para dosen dapat memenuhi IKU Satu dan IKU dua, Karena salah satu penilaian Perguruan Tinggi harus memenuhi persyaratan IKU tersebut’, ujar rektor

    Dia juga mengharapkan kepada para Dosen pembimbing dapat membantu mahasiswa dan Tim Reviewer dalam bidang eksakta, nanti reviewnya oleh Prof. Dr. I Ketut Budaraga, M.Si, kemudian bidang ilmu sosial Dr. Fitriati, Dekan Fakultas Hukum, nanti akan membantu merumuskan proposal yang baik.

    Sementara itu, narasumber Prof. Dr. Rahadian Z, S.Pd, M,Si dalam paparannya menjelaskan kreatifitas itu adalah terkait dengan kreatifity, inovasi dan sesuatunya.

    “Menurut teori Prof. Dr. Benyamin itu masuk kepada level yang ke tujuh, dalam ranah kognitif yang pertama adalah pengetahuan, kedua komprehensif pemahaman persoalan secara lebih menyeluruh, ketiga adalah apresiasi kemampuan dalam menerapkannya, sesuai dengan perkembangan, keempat melakukan analisis dari fenomena-fenomena yang ada di analisis dengan teori yang ada”, jelas Rahadian Z

    Selanjutnya, kata Rahadian Z, persoalan yang di analisis tadi dilakukan sintesis, sebelum masuk keranah evaluasi.

    “Untuk mengevaluasi secara keseluruhan, fenomena apa yang ada dilapangan  dikaji dengan teori yang berkembang serta dikaitkan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi”, katanya. Pada level yang terakhir, lanjutnya itu disebut dengan creatifity, yaitu kemampuan berfikir inovatif, kemampuan berfikir kolaboratif, kemampuan konstruktif, diupayakan menangani gep yang ada di tengah masyarakat dalam mengembangkan teknologi informasi